meteor

Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteoroid ke atmosfer bumi, lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampakan Planet Venus, dapat disebut sebagai bolide.

Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater.

Ada perbedaan antara meteor besar mandi dan meteor shower yang kecil. Meteor shower Minor diamati peristiwa yang menghasilkan aktivitas sedikit, biasanya kurang dari sepuluh meteor per jam, namun mereka lakukan terjadi pada waktu yang sama selama tahun berjalan. Hal ini juga cukup sering bahwa huruf Yunani yang digunakan pada awal meteor shower nama kecil.

For example, the Greek letter “γ” or Gamma is placed at the start of the shower’s name. The minor meteor shower occurring now, the (γ-Normids) Gamma Normids started February 25th and will continue to be active until March 22nd. Sebagai contoh, huruf Yunani “γ” atau Gamma ditempatkan pada awal nama kamar mandi. The meteor kecil hujan terjadi sekarang, (γ-Normids) Normids Gamma mulai 25 Februari dan akan terus aktif sampai 22 Maret. The shower should be the strongest on March 14th, but don’t expect to see meteors shimmering all over the sky for this one is just a minor event. Kamar mandi harus yang terkuat pada 14 Maret, tapi jangan berharap untuk melihat meteor berkilauan di seluruh langit untuk satu ini hanyalah sebuah acara kecil. If you want to give this meteor shower a chance, try going out in the morning hours of March 14th and look for the constellation Norma. Jika Anda ingin memberikan meteor shower ini kesempatan, cobalah keluar pada pagi hari Maret 14 dan mencari konstelasi Norma. The bad news is that there will be little activity, but the good news is that a waning crescent Moon with only 1% of the Moon visible will be in the sky. This means that if there are meteors, one should be able to spot them in a dark morning sky. Norma is a small triangle of stars between Scorpius and Centaurus. Kabar buruknya adalah bahwa akan ada sedikit aktivitas, tetapi kabar baiknya adalah bahwa Bulan sabit berkurang dengan hanya 1% dari Bulan akan terlihat di langit. Ini berarti bahwa jika ada meteor, orang harus mampu melihat mereka di langit gelap pagi. Norma adalah segitiga kecil bintang antara Scorpius dan Centaurus. Scorpius is best known for contrasting blue and yellow stars within it and it’s large size in the sky. Scorpius terkenal karena kontras bintang biru dan kuning di dalamnya dan itu ukuran besar di langit. Meteor shower viewers might see about six to ten meteors per hour during the peak and a few scattered meteors during the showers start to finish. Meteor shower pemirsa bisa melihat sekitar enam sampai sepuluh meteor per jam selama puncak dan tersebar di beberapa meteor shower selama awal sampai akhir.

On an additional note, not all meteors that one observes have to be part of a specific meteor shower. Pada catatan tambahan, tidak semua meteor yang diamati harus menjadi bagian dari meteor shower tertentu. There are plenty of sporadic meteors that streak across the sky each year. Ada banyak meteor sporadis yang streak di langit setiap tahun. On any given night or morning a viewer may see about five meteors not associated with any particular event. Pada malam-malam tertentu atau pagi pemirsa dapat melihat sekitar lima meteor tidak berhubungan dengan peristiwa tertentu. These meteors are called “sporadic meteors” as they are capricious and can be seen virtually anywhere in the sky. Ini meteor disebut “meteor sporadis” karena mereka berubah-ubah dan bisa dilihat hampir di mana saja di langit.

The next meteor shower of any real intensity is the Lyrids Meteor Shower that occurs in April. Meteor berikutnya intensitas hujan setiap nyata adalah Lyrids Meteor shower yang terjadi pada bulan April. Please bookmark the site and join the mailing list because better and stronger meteor showers are on the way! Silakan penanda situs dan bergabung dengan mailing list karena hujan meteor yang lebih baik dan lebih kuat di jalan!

Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.

Sebuah bola api terang yang menerangi langit di Alabama minggu lalu tertangkap oleh kamera NASA saat melesat di sebelah tenggara Amerika Serikat.

Bola api itu disebabkan oleh meteor seukuran bola sepak yang terbakar di atmosfer Bumi pada Jumat (19/3) pada 11.19 waktu setempat terbang di atas Alabama bagian barat. Dua kamera NASA di Marshall Space Flight Center, Huntsville, Alabama, mengambil gambar meteor terbakar menuju pada kehancuran.

“Nyalanya lebih terang daripada bulan sabit,” kata Bill Cooke, pakar meteor di Marshall Center kepada SPACE.com dalam e-mail. “Massanya sekitar 10 kilogram dan berdiameter 20 cm. Ukuran yang layak!”

Meteor pertama kali tertangkap pada ketinggian sekitar 45,3 mil (72,9 km) dan terbakar habis saat masih sekitar 20 mil (32 km) di atas Bumi. Batu angkasa itu tidak cukup besar untuk menghasilkan meteorit yang selamat dari panas atmosfer Bumi hingga sampai ke tanah.

Meteor melesat di langit dengan kecepatan sekitar 42.500 mph (12 mil setiap detik) saat diambil kamera pelacak meteor di Marshall Space Flight Center, serta kamera serupa di Chickamauga, Georgia, yang juga dioperasikan oleh Marshall.

Cooke mengatakan dua kamera itu memungkinkan para ilmuwan untuk membandingkan berbagai pandangan dari bola api yang sama. Ini untuk melakukan pelacakan jalurnya di langit malam. Walaupun ada meteor lain yang terlacak di seluruh Amerika Serikat, sistem NASA di Marshall menggunakan pencatat waktu dan data global positioning satellite untuk mengkoordinasikan sejumlah bola api yang diamati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: