daihatsu

Daihatsu Motor Co., Ltd. (ダイハツ工業株式会社 ,Daihatsu Kōgyō Kabushiki-gaisha ?, TYO: 7262, OSE: 7262) adalah perusahaan produsen mobil Jepang yang bertarget pasar mobil kecil/kompak dengan kapasitas mesin antara 850cc – 1600cc. Dengan slogan barunya, “We Do Compact”, produk-produk lamanya yang terkenal, antara lain Taft, dihentikan mulai tahun 2002.

Daihatsu Retro Taft Kebo

“Taft” adalah kendaraan 4WD yang dibangun oleh Pabrik mobil Daihatsu antara tahun 1974-1984. Kendaraan ini beredar di banyak Negara dengan nama yang berlainan seperti “Daihatsu TAFT“, “Daihatsu SCAT” dan “Daihatsu WILDCAT”. Generasi pertama Daihatsu Taft Kebo adalah seri F10, diproduksi pada tahun 1974, dengan menggunakan mesin bensin 1.0L (FE 958cc) dan transmisi 4-speed dengan 2-range transfer case. Model awal tersedia dalam versi Chassis Pendek (Short Wheel Base) dengan model “hardtop” dan “kanvas” (softtop)

Varian Taft Kebo seri F10 :

daihatsu wildcat taft kebo seri f10

F10…………………..(08/1974 – 08/1978) : SOFT DOOR – SHORT BODY

F10S…………………(08/1978 – 12/1978) : SOFT DOOR – SHORT BODY

F10L…………………(08/1974 – 08/1978) : SOFT DOOR – LONG BODY

F10J………………….(08-1978 – 12/1978) : SOFT DOOR – LONG BODY

F10K………………… (09/1976 – 08/1978) : METAL DOOR – SHORT BODY

F10SK ……………… (08/1978 – 12/1978) : METAL DOOR – SHORT BODY

F10LK……………….(09/1976 – 08/1978) : METAL DOOR – LONG BODY

F10JK ……………….(08/1978 – 12/1978) : METAL DOOR – LONG BODY

F10L-02 ……………(04/1975 – 09/1976) : HARDTOP

F10L-08 …………… (09/1976 – 06/1977) : HARDTOP

F10V(OLD) ……….(02/1977- 08/1978) : HARDTOP

F10V(NEW)……….(08/1978 – 12/1978) : HARDTOP

Produksi Taft Kebo generasi F10 ini berjalan sampai dengan 1977, kemudian digantikan dengan Taft Kebo seri F20 yang menggunakan mesin bensin 12R kapasitas 1.6L. (12R, 1578cc)

Varian Taft Kebo seri F20 :

daihatsu scat taft kebo daihatsu wildcat classic 4wd

F20 ………………….(02/1977 – 08/1978) : SOFT DOOR – SHORT BODY

F20S ………………. (08/1978 – 11/1979) : SOFT DOOR – SHORT BODY

F20L ……………….(02/1977 – 08/1978) : SOFT DOOR – LONG BODY

F20J ……………………………….(08/1978) : SOFT DOOR – LONG BODY

F20K ……………….(02/1977 – 08/1978) : METAL DOOR – SHORT BODY

F20SK ……………. (08/1978 – 11/1979) : METAL DOOR – SHORT BODY

F20LK …………….(02/1977 –08/1978): METAL DOOR – LONG BODY

F20JK……………………………..(08/1978) : METAL DOOR – LONG BODY

F20LK-08……….(04/1977 – 08/1978) : HARDTOP

F20V (OLD)……..(02/1977 – 08/1978) : HARDTOP

F20V (NEW)……………………(08/1978) : HARDTOP

F20VD …………………………….(10/1978) : HARDTOP DELUXE

F25P …………………………………(11/1979) : PICK-UP

F25PC ……………………………….(11/1979) : PICK-UP/CARGO/BOX

Dalam tahun 1977 pula, diperkenalkan pula Taft Kebo seri F50 DG 2.5L (2530cc) yang menggunakan mesin diesel.Pada dua generasi ini yaitu Taft Kebo seri F20 dan Taft Kebo F50DG 2.5L fitur-fiturnya telah ditingkatkan termasuk juga penyempurnaan pada bagian transmisi-nya. Model yang tersedia pada kedua seri inipun sama yaitu chassis pendek (Short Wheel Base) “hardtop” dan “kanvas” (softtop)

taft-kebo-pick-up ute trashback f10 f20 f50 daihatsu 4x4Tahun 1979, mulai diperkenalkan seri Taft Kebo F25 danTaft Kebo F55. Perbedaan utama dengan seri sebelumnya adalah ukuran chassis-nya yang lebih panjang. Seri ini tersedia dalam versi “pick-up” atau biasa disebut juga sebagai “trayback” atau “ ute”.

Sekitar 1983, model Taft Kebo seri F20/F25 kembali diperbaharui dengan mengeluarkan versi “optional” yaitu versi yang lebih mewah (Deluxe Version) dengan transmisi 5-kecepatan (5-speed gearbox).

Varian Taft Kebo seri F50 :

classic daihatsu taft scat wildcat f50F50S ……………………(08/1978 – 11/1979) : SOFT DOOR – SHORT BODY

F50J …………………………………(08/1978) : SOFT DOOR – LONG BODY

F50SK………………… (08/1978 – 11/1979) : METAL DOOR – SHORT BODY

F50JK ………………………………(08/1978) : METAL DOOR – SHORT BODY

F50V ………………………………..(08/1978) : HARDTOP

F50VD ………………………………(10/1978) : HARDTOP DELUXE

F55P …………………………………..(11/1979) : PICK-UP

F55PC …………………………………(11/1979) : PICK-UP/CARGO/BOX

Dalam tahun 1977 pula, diperkenalkan pula Taft Kebo seri F50 DG 2.5L (2530cc) yang menggunakan mesin diesel.Pada dua generasi ini yaitu Taft Kebo seri F20 dan Taft Kebo F50DG 2.5L fitur-fiturnya telah ditingkatkan termasuk juga penyempurnaan pada bagian transmisi-nya. Model yang tersedia pada kedua seri inipun sama yaitu chassis pendek (Short Wheel Base) “hardtop” dan “kanvas” (softtop)

taft-kebo-pick-up ute trashback f10 f20 f50 daihatsu 4x4Tahun 1979, mulai diperkenalkan seri Taft Kebo F25 danTaft Kebo F55. Perbedaan utama dengan seri sebelumnya adalah ukuran chassis-nya yang lebih panjang. Seri ini tersedia dalam versi “pick-up” atau biasa disebut juga sebagai “trayback” atau “ ute”.

Sekitar 1983, model Taft Kebo seri F20/F25 kembali diperbaharui dengan mengeluarkan versi “optional” yaitu versi yang lebih mewah (Deluxe Version) dengan transmisi 5-kecepatan (5-speed gearbox).

Varian Taft Kebo seri F50 :

classic daihatsu taft scat wildcat f50F50S ……………………(08/1978 – 11/1979) : SOFT DOOR – SHORT BODY

F50J …………………………………(08/1978) : SOFT DOOR – LONG BODY

F50SK………………… (08/1978 – 11/1979) : METAL DOOR – SHORT BODY

F50JK ………………………………(08/1978) : METAL DOOR – SHORT BODY

F50V ………………………………..(08/1978) : HARDTOP

F50VD ………………………………(10/1978) : HARDTOP DELUXE

F55P …………………………………..(11/1979) : PICK-UP

F55PC …………………………………(11/1979) : PICK-UP/CARGO/BOX

Di Indonesia, Daihatsu Taft terkenal sebagai salah satu ikon kendaraan berpenggerak empat roda di banyak proyek pembangunan, kiprahnya selama hampir 3 dasawarsa membuat salah satu taft diesel modifikasi pitgarageproduk Daihatsu ini menjadi incaran para pengguna dan penggemar kendaraan serba guna.

Sejarah Daihatsu Taft di Indonesia baru di mulai pada tahun 1977, tertinggal dengan taft-kebo-kanvasNegara lain sekitar 4 tahun. Kendaraan ini mempunyai julukan yang sangat unik yaitu “taft kebo”. Asal muasal nama ini adalah stiker bergambar kerbau atau banteng disamping tulisan Taft di pintu belakang sebelah kiri.

Dengan model F10 bermesin bensin berpenggerak 4 roda, ketangguhan dari Taft Kebo ini berkali kali terbukti cocok dengan medan di Indonesia. Apalagi setelah dirilis Taft kebo F50 dengan mesin diesel, kendaraan ini hampir-hampir tidak mempunyai pesaing dalam hal nilai ekonomis dan ketangguhan mesinnya.

face lift taft keboFakta dilapangan semakin memperkuat bukti bahwa mesin diesel Daihatsu memang mudah dalam perawatan, walaupun mengeluarkan suara agak kasar, tapi reabilitas mesinnya tergolong sangat baik, bahkan menghadapi buruknya kualitas solar yang ada di Indonesia, khususnya di daerah pelosok, mesin diesel Daihatsu tetap dapat beroperasi dengan optimal.

Dengan beberapa model dan varian yang beredar, tak pelak membuat segmentasi harga yang beragam dari kendaraan ini.

taft kebo nuris sarni pit garageModel: F10
Tahun: 1977-1979
Mesin: 4 silinder, bensin , karburator, 1000 cc
Penggerak: 4 roda
Nilai Historis: Sangat Tinggi

Taft Kebo Seri F10 ini adalah generasi pertama Daihatsu 4WD yang mendobrak pasar “kendaraan serba guna” (General Purpose Vehicle) di Indonesia. Kendaraan ini sangat cocok digunakan di lingkungan militer, pertambangan dan perkebunan.

pintu depan taft kebo wildcatOleh para penggemarnya, Taft Kebo seri F10 ini jarang sekali digunakan sebagai kendaran untuk “event offroad” karena dikategorikan sebagai mobil 4WD klasik. Biasanya hanya sesekali dipakai untuk “touring” pada medan-medan offroad yang tidak terlalu ekstrim, atau hanya sebagai koleksi dengan cara direstorasi dan dikembalikan seperti kondisi awalnya. Untuk ukuran mesin 1000cc (1.0L) performa lumayan bagus,karena dipadukan dengan final gear kasar disamping bobot keseluruhan yang tidak terlalu berat.

taft diesel bayu hendarsoModel: F50
Tahun: 1980-1985
Mesin : 4 silinder, diesel, indirect injection, 2500 cc
Penggerak: 4 roda
Nilai Historis: Tinggi

Pada tahun 1980, Daihatsu mencoba mengembangkan pemasaran kendaraan General Purpose Vehicle (GPV) dengan memperkenalkan Taft Kebo seri F50 yang menggunakan mesin diesel 2500 cc. Mesin ini terbilang cukup besar pada jamannya.

Taft kebo Seri F50 ini masih mewarisi garis body dari model sebelumnya plus beberapa perbaikan beberapa bagian membuatnya semakin gagah. Mesin daihatsu-f-20-1978-hardtop taft hunterdiesel-nya memang terkenal “berisik” tetapi sangat tangguh, irit bahan bakar dan tidak terlalu sensitive dengan kualitas solar. Taft Kebo Seri F50 ini berhenti diproduksi pada tahun 1984-85 dengan kemunculan varian beratap resin yang disebut “Taft Hunter“.

2 Responses so far »

  1. 1

    Eko Pamujiantoro said,

    senang bisa baca artikel kawan-2, saya punya taft gt 4×4 tahun 90, dah kluar biaya byk utk benahi mesinnya ,,,, tp tetap aja mesinnya kasar……bantu kasih solusi dong

  2. 2

    Ismail Suboh said,

    Saya sedang membina semula Daihatsu jeep pickup model F25P model 1982 di Kuala Lumpur Malaysia. Saya masih mencari ‘hood’ (Bonnet) penutup injin depan kerana yang ada sudah terlalu berkarat dan reput. Kiranya sesiapa bolih beritau dimana saya bolih membeli nya di Indonesia saya amat berterima kasih. Sila hubungi e-mail saya ismailsuboh@gmail.com.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: