isuzu

Isuzu Panther Hanya sampai 2012?

LEMBANG, Rencana Pemerintah Indonesia menerapkan standar emisi gas buang tahun 2012 menjadi Euro-4 mulai mengancam sejumlah produsen mobil di Indonesia. Salah satunya adalah PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Dikabarkan, salah satu andalan Isuzu di Indonesia untuk penumpang, Panther, akan berakhir pada 2012.

“Euro-2 kan belum habis. Jadi, produksi akan dipertahankan sampai masa Euro-2 berlaku. Setelah itu, belum tahu bagaimana kelanjutannya,” ujar Wakil Presiden IAMI Yohannes Nangoi dalam Workshop Wartawan Industri dengan PT Astra International Tbk di Lembang.

Nangoi menjelaskan, Isuzu dikenal sebagai pemain utama di segmen kendaraan diesel di dunia. Di Indonesia, standar emisi Euro-2 yang berlaku saat ini sudah ketinggalan dibandingkan negara lain, yang rata-rata sudah menerapkan Euro-3 dan seterusnya.

“Kalau pemerintah menerapkan standar Euro-3 atau 4, sekarang ini kita sangat siap. Hampir di semua negara lain, produk Isuzu berstandar Euro-3 dan 4. Indonesia tertinggal dalam hal ini. Justru ini yang bikin kami sebagai produsen agak pusing. Pasalnya, kesuksesan penerapan standar Euro mutakhir sangat ditentukan oleh pemerintah dalam menyiapkan bahan bakar yang lebih berkualitas,” papar Nangoi.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan produk Isuzu pada sembilan bulan pertama tahun ini tercatat 11.096 unit.

Sejarah Chevrolet Trooper

Mungkin tidak semua penggemar atau pencinta Trooper tahu bahwa Isuzu Trooper atau di Indonesia lebih dikenal dengan Chevrolet Trooper adalah Mid size SUV buatan Jepang pertama yang di ekspor ke seluruh dunia sejak di produksi antara tahun 1981 sampai dengan 2003, dengan menyandang berbagai nama seperti ; Isuzu Trooper, Isuzu Bighorn, Honda Horizon, Acura SLX sementara di Indonesia dan di beberapa negara Amerika lainnya di beri label Chevrolet Trooper, di Australia di sebut Holden Jackaroo, di Inggris disebut Vauxhall dan di German disebut Opel Monterey. Sambutan masyarakat untuk SUV ini sungguh luar biasa untuk segment di kelas mid size Sport Utility Vehicle.

Untuk mengetahui sejarah kendaraan kesayangan kita, saya telah mencari tahu dari berbagai sumber sejarah tentang kelahiran Trooper hingga perkembangan terakhirnya. Simaklah artikel dibawah ini. Semoga brother Trooper semakin cinta kepada Troopernya…. Salam dari KTI Bali.

Ada dua generasi product Trooper. Yang pertama ada pada rentang tahun 1981 sampai dengan 1991 dan yang kedua adalah dari tahun 1992 sampai tahun 2002 karena setelah itu Isuzu menghentikan export model ini. Pada awalnya SUV ini dimulai dengan product yang masih sangat primitif hanya dengan mesin diesel 4 silinder standar dengan mengandalkan transmisi manual 4 percepatan dan berpenggerak 4 roda dengan system part timer.
Karena respon pasar yang sangat bagus generasi pertama dikembangkan menjadi lebih lux dan menawarkan lebih banyak features menarik lainnya termasuk mesin V6 dengan CC yang lebih besar.

Generasi kedua dikembangkan menjadi lebih bagus dan halus dan mulai ditawarkan dengan fasilitas 2 wheel drive atau 2WD berpenggerak roda belakang dengan as panjang.

Mari kita bahas generasi pertama dahulu.

GENERASI PERTAMA TROOPER

Generasi pertama diluncurkan dengan 2 atau 4 pintu dengan axle belakang yang solid dan sudah mengaplikasi suspensi independent. Mesin pada awal produksi menggunakan mesin diesel 2.0 L dan 2.2 L yang belakangan diketahui sangat kurang bertenaga untuk bobot kendaraan kosong yang lumayan berat, sekitar 3,700 lbs atau 1.7 ton. Penggerak empat roda atau 4 WD dapat diaktifkan dengan menggeser posisi tuas penggerak roda depan keposisi aktif atau non aktif bersamaan dengan pengaktifan tuas transmisi percepatan regularnya.
Tersedia Manual Free locker buatan Aisin dan buatan Isuzu sendiri yang dikenal dengan Auto Hub Locking untuk Trooper generasi pertama ini.

Pada tahun 1986 Isuzu merperkenalkan mesin dengan kapasitas 2.3 Liter bensin yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 112 tenaga kuda atau sama dengan 102 kW. Itu merupakan pengembangan yang luar bisa pada masa itu dibandingkan dengan mesin sebelumnya.

Kemudian pada tahun 1987 Isuzu kembali memperkenalkan mesin baru dengan sistem supply bahan bakar injeksi yang pertamakalinya yang diberi kode (4ZE1) untuk Trooper. Trooper dengan model ini masih mengandalkan transmisi manual namun telah dipersenjatai dengan gearing transfer case low range ratio dengan ratio 2.28:1. Model ini menggunakan mesin berkapasitas 2.6 Liter bensin 4 silinder segaris dengan transmisi automatis dengan transfer case gearing ratio 2.66:1.

Sebagai SUV pendatang di Amerika pada saat itu dan untuk mencapai market share yang bagus, pada masa promosi Isuzu America mendatangkan Troper II. Didalam usahanya meraih pangsa pasar yang lebih baik lagi dan untuk menyesuaikan harga jual, Isuzu menambahkan jok belakang pada Trooper.

Nantinya generasi pertama Trooper akan mempunyai opsi trasnmisi 4 percepatan otomatis, sedangkan mesin V6 diadopsi dari produksi General Motors (mesin 2.8 L pushrod V6) dan dikombinasikan dengan penggunaan ban berukuran 31″ X 10.5″ dengan differential gearing 4.77.1 Sedangkan standard differential gearing untuk Trooper keluaran 1981 – 1991 adalah 4.555:1 Model tahun 1988 – 1991 diperlengkapi dengan 10-bolt 17-spline front IFS differential dan Isuzu 12-bolt live rear axles dengan 4-wheel disc brakes.

Produksi tahun 1987 lampu Trooper juga diganti dengan lampu segi empat sementara product sebelumnya menggunakan lampu bulat. Opsi Limited Slip Differential clutch juga tersedia dengan kode “G80″. Versi luar negeri yang tidak di release di Awerika Serikat termasuk Isuzu dengan mesin 4 JB1 dan 4JB1-T (versi 2.8 L diesel inline dengan 4 silinder, Kode “T ” adalah menunjukkan bahwa mesin telah dilengkapi dengan Turbe charger).

Pada tahun 1989 Isuzu dengan short wheelbase (90″) dimasukkan ke Amerika Serikat. Semua Trooper dengan short wheelbase menggunakan mesin 2.6 Liter Fuel Injected dengan 4 silinder, differential gearing 4.77.1 dan mengunakan ban 31″ X 10.5 membalut velg alloy 15″X7″ “snowflake” pattern wheels. Ditawarkan dengan transmisi versi otomatis dan manual.

Sejarah selanjutnya pada tahun 1989, generasi pertama Isuzu Trooper dimulai di Amerika Tengah dimana versi yang lebih kecil di produksi dengan rag top atau atap yang dapat di buka tutup dan dengan wheel clearance yang lebih tinggi. Isuzu yang paling populer adalah versi turbo diesel dengan 2.9 Liter. Dengan RPM sedang, dengan sedikit modifikasi mesin ini juga dipakai untuk portable freezer box, generators dan dipasang pada boat penyelamat pantai. Mesin ini sangat mudah perawatannya dan juga kuat untuk dipasang di Trooper. Banyak dijumpai di jalan-jalan di Amerika Serikat dan Amerika Utara.

Isuzu menghentikan produksi untuk beberapa model yang menggunakan mesin tipe ini, dan menjadi agak sulit mencari spare part-nya. Hal ini sangat dikagumi oleh orang yang masih mempunyainya atas ke sederhanaan dan kepecayaan dan potensi dari mesin jenis ini.

GENERASI KEDUA TROOPER

Pada generasi ke dua ini Isuzu benar-benar mendesain ulang Trooper. Diperkenalkan di Jepang pada tahun 1991, menjadi lebih besar dari yang sebelumnya dan menjadi seberat 4,510 pounds dan ini menjadi trend yang diikuti oleh produsen SUV lainnya untuk membuat SUV mereka menjadi lebih besar lagi, lebih bertenaga, lebih mewah dan lebih lux.

Trooper pada generasi ke dua ini sudah menggunakan model mesin 3.2 Liter Single Overhead Cam (SOHC) dan mampu menyemburkan tenaga sebesar 172 HP. Tersedia juga mesin dengan kapasitas 3.2 Liter Dual Overhead Cam (DOHC) yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 190 HP!! Sedangkan mesin SOHC 3.2 Liter yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 190 HP baru diperkenalkan pada tahun 1996, menggantikan mesin yang sebelumnya.

Hampir semua model kecuali model tahun 1996 SE Limited, masih menggunakan part time 4 WD drive system, yang mengharuskan pengedara untuk berhenti terlebih dahulu sebelum atau setelah mengaktifkan axle pada roda depan. Untuk model 1996 SE Limited menggunakan system shift on the fly engagement. Selanjutnya model yang dikeluarkan setelah tahun 1996 menggunakan shift on the fly engagement.

Sejak tahun 1992 Trooper seri SUB yang di Australia dikenal dengan Holden Jackaroo telah tersedia dengan “pushrod overhead valve” (OHV) 3.1 Liter intercooled Turbodiesel (designated 4JG2T) mampu menyemburkan tenaga sebesar 203 HP pada 3.600 RPM dan torsi 260 Nm (212 lbs.ft) pada 2000 RPM. Ditawarkan juga mesin dengan kapasitas 3.2 Liter Bensin sebagai alternative untuk effisiensi yang biasanya untuk menarik trailer dan peralatan berat lainnya.

Mesin diesel yang dipakai di Jackaroo hanya menyediakan percepatan 5 speed manual dan Manual Freel lock Aisin front Hub. Mesin turbo diesel ciptaan Rudolf Diesel ini telah dipercaya dan mempunyai reputasi dan kekuatan yang sangat baik dan telah dipercaya diseluruh dunia.

Mesin yang sama juga tersedia di Inggris dan negara lainnya dengan penggunaan belt-driven OHC, yang dikembangkan untuk mendapatkan tenaga nesin yang lebih baik lagi.

Dalam era 1994 – 1999, Isuzu dan Honda mempunyai perjanjian joint venture dan bekerja sama saling mengisi area produksi. Honda juga menjual Trooper di Jepang dengan nama Honda Horizon dan di Amerika Serikat dari 1996 – 1999 dijual dengan nama Accura SLX. Ada isu bahwa pabrikan Honda membantu pengembangan generasi kedua Trooper ini.

Pada tahun 1998, Trooper di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan mesin DOHC 3.5 Liter yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 215 HP. Sementara di Eropa dan para pembeli di Asia dapat memilih mesin 4.0 Liter diesel dan juga opsi mesin diesel terakhir termasuk mesin 4JG2, 3.1 Liter diesel (nantinya akan diganti dengan mesin yang lebih problematik 4JX1 3.0 Liter).

Karena saat ini perkenalan dari Borg-Warner Torque on Demand system mampu menyediakan “setting All Wheel Drive”. Penyegaran penampilan juga dimulai debutnya pada saat ini dan grill depan didisain ulang untuk model tahun 2000.

Satu hal yang perlu di catat, Isuzu mendisain mesin 3.5 Liter yang tersedia untuk truck yang ditujukan untuk pembeli yang komplain karena oli yang terbakar dan berkurang yang menyebabkan kekhawatiran akan rusaknya mesin. Oli bocor melalui ring piston pada saat mesin bekerja normal dan diketahui mesin “meminum” oli sampai 2 kaleng ketika mencapai interval pengoperasian sejauh 5000 mil atau 65.000 km. Dilaporkan kelemahan ini telah diperbaiki untuk model tahun 2002 namun model 2001 tidak termasuk dalam perpanjangan warranty untuk kasus spesifik ini.

Transmisi untuk model ini telah dipersenjatai dengan transmisi 5 percepatan manual dan juga Electronically Controlled Four speed automatic. Versi otomatis baru akan bertenaga ketika shift points bekerja pada RPM yang lebih untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar pada kemampuan mesin. Jenis trasnmisi pintar ini juga mempunyai “winter” mode yang membuat transmisi untuk “start off” pada gear yang ke tiga untuk menambahkan stabilitas pada kodisi jalan yang licin untuk menghidari slip dan tergelincirnya roda. Trasnmisi 4 percepatan otomatis ini disebut 4L30E dan dibuat oleh General Motor Powertrain di Strasbourg, Perancis. Trooper 2000 dan 2002 termasuk Trooper yang diberi nama “Grade Logic” yang membuat transmisi secara otomatis akan menurunkan gearnya pada daerah yang curam untuk menurunkan kecepatan kendaraan.

Sementara itu, suspensi sudah mengandalkan “Fully independent Front Suspension” dan juga telah menggunakan “Multilink Rear Suspension” untuk melayani axle pada roda belakang.

Trooper Model LS dan S mempunyai 117.8 centi meter kubik ruang kargo, sementara model Limited hanya mempunyai ruang kargo seluas 112.3 centi meter kubik.

Di Eropa dan di Inggris ditawarkan versi 7 tempat duduk dengan 3 pintu, namun di Amerika Serikat sendiri Trooper hanya menawarkan model versi 5 pintu dengan 5 tempat duduk. Tempat duduk untuk 7 penumpang juga ditawarkan oleh versi Vauxhall Monterey di Inggris.

Untuk opsional, semua model bisa ditambahkan dengan “Limited Slip differential” (LSD). Dengan “skid plates” pelindung tangki bahan bakar, transfer case dan juga radiator dan tetap dilengkapi dengan “Four Wheel Drive”, Automatic Locking Front Hub sebagai perlengkapan standard ( sampai shift on the fly diperkenalkan, Point Hub Flanges baru dipergunakan pada tipe ini). Pada tahun 1988 sampai dengan tahun 1991 Trooper dengan mesin 2.6 Liter (4ZEI) dengan Transmisi Otomatis dipasangi “Manual locking Hubs”.

Pada tahun 2003 Trooper tidak lagi dilanjutkan produksinya dimana hangar perakitannya dipakai untuk memproduksi SUV yang lebih kecil yaitu Axiom dan SUV yang lebih besar yang diproduksi General Motor yaitu Isuzu Ascender dan dinamai dengan GMC Envoy.

Isuzu Trooper juga dijual di Filipina sampai dengan model tahun 2002 yang dikenal dengan Skyroof Edition dengan berpenggerak roda belakang, radiator grille tipe billet dan dengan “Power Moonroof” terbesar yang pernah dipasang di SUV buatan Jepang. Tersedia dengan mesin 4JX1-TC dengan kapasitas mesin 3.0 Liter, 16 katup yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 160 HP dan torsi 330 Nm. Sementara interior yang mewah dengan jok standard berlapiskan kulit asli, panel kayu dan tak lupa in car entertaintment dengan Radio/CD/VCD/DVD single disc system.

Banyak orang yang berharap Isuzu Trooper akan di produksi lagi pada tahun 2009 nanti.

Yuuuk… Kita bisa indent dari sekarang….?!?

Nah begitulah, sejarah perkembangan Isuzu Trooper atau yang disini kita kenal dengan Chevrolet Trooper. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman pencinta Trooper khusunya teman-teman KTI Bali maupun KTI diseluruh Indonesia yang sempat hitting di Website KTI Bali. Semoga bermanfa’at.

1 Response so far »

  1. 1

    adjie said,

    ada yg tau gak kapasitas oli mesin trooper turbo diesel yg C223T
    masih 2300ccnya?
    soalnya stik oloinya hilang


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: